Categories
Fix Android

Mengatasi Please Choose the Root Directory

Pesan Please Choose the Root Directory ini biasa muncul saat memindahkan file dari Internal ke Ekternal atau sebaliknya dan ini perlu mengkatifkan directory yang dipilih. Pesan ini sebenarnya untuk pengaman bawaan dari setiap Android. Hampir setiap Android keluaran baru memiliki keamanan sendiri-sendiri, salah satunya adalah pengamanan penyimpanan untuk Root directory ini. Hal ini sangat membantu agar tidak ada file yang masuk ke penyimpanan Root atau system dari Android. Maka dari itu diperlukan tindakan agar bisa memindahkan file ke memori internal ke eksternal. Cara ini memang tidak semua bisa melakukan, apalagi pengguna Android yang awam atau masih baru tentang dari si Ponsel Pinter ini.

Mengatasi Please Choose the Root Directory pada File Manager

Ada beberapa cara dan tentunya syarat khusus bagi beberapa Android. Bahkan mengharuskan Android dalam keadaan Root untuk menginstall aplikasi pihak ketiga. Tentu agar bisa memindahkan file ke memori internal ke eksternal atau sebaliknya. Saya pernah mengalami ini ketika menggunakan aplikasi ES File Explorer dan waktu itu akan memindahkan hasil download lagu ke memori eksternal. Tapi ternyata tidak bisa dan muncul pesan tersebut. Sedikit bingung karena masih awal menggunakan Android. Akhirnya menemukan cara dari hasil browsing dan eksperiment sendiri. Langsung saja simak tutorial cara Mengatasi Please Choose the Root Directory.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Tidak Dapat Menjalin Sambungan Ke Server

Cara Mengatasi Please Choose the Root Directory

  1. Buka menu Settings / Pengaturan pada Android Anda.
  2. Pilih menu Installed Apps atau biasanya Apps saja. Ingat tiap Android punya menu yang berbeda-beda, jadi harap disesuaikan.
  3. Setelah itu geser ke kanan dan pilih All / Semua, untuk melihat seluruh aplikasi yang terinstall di Android.Mengatasi Please Choose the Root Directory pada File Manager
  4. Cari aplikasi yang bernama Document, jika di urutan tidak ada cari di posisi paling bawah.
  5. Kemudian klik Enable / Aktifkan. Gambar dibawah ini secara bawaan di HP saya sudah Enable otomatis.Mengatasi Please Choose the Root Directory pada File Manager
  6. Sekarang tinggal kembali ke aplikasi File Manager dan coba untuk memindah file ke memori eksternal.
  7. Nanti akan ada pilihan Select SD Card pilih saja External SD Card, pada menu ini tampilannya juga beda-beda setiap Android.
  8. Nah sekarang file secara langsung akan meng-Copy atau pindah ke memori eksternal.

Nah, secara umum cara diatas sudah bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan atau ROOT. Tetapi beda khasus jika Android menggunakan firmware custom ROM. Mungkin cara diatas tidak berfungsi sekalipun sudah mengaktifkan aplikasi Document.

Atasi dengan SD Write Permission -sss Kitkat

  1. Cara ini hanya untuk OS type 4.4.x atau Kitkat saja. Tetapi saya juga pernah coba di Lollipop dan bisa.
  2. Pertama Android Anda harus sudah dalam keadaan ROOT.
  3. Lalu Download aplikasi SD Write Permission.
  4. Install dan klik pada Continue nanti aplikasi ini akan meminta akses Root.Mengatasi Please Choose the Root Directory pada File Manager
  5. Setelah itu tinggal Next-next saja dan tunggu sampai muncuk pesan Complete.Mengatasi Please Choose the Root Directory pada File Manager
  6. Sekarang coba pindahkan file ke memori eksternal atau sebaliknya.
  7. Pasti akan muncul pesan Select SD Card dan pilih saja SD Card atau Micro SD.

BACA JUGA: Cara Flash Acer Liquid S56 ROM Firmware via Flashtool

Cara kedua ini biasanya terjadi pada Android seri Lollipop ke bawah. Silahkan coba bagi yang mengalami masalah Please Choose the Root Directory pada saat memindah file. Semoga membantu.

Do With Your Own Risk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *